Kesehatan - Sab, 19/12/09 20:42 WIB

Kelebihan Kalsium Sebabkan Kanker Prostat

Koskosanku.com - Kelebihan Kalsium Sebabkan Kanker Prostat

Kurang kalsium bisa sebabkan osteoporosis, tapi kelebihan kalsium ternyata juga tidak baik...

Kita sudah tahu banyak manfaat yang ditawarkan oleh kalsium ini. Karena memang, kalsium adalah mineral yang paling banyak diperlukan oleh tubuh. Setelah umur 20 tahun, tubuh manusia akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1% per tahun.

Dan setelah umur 50 tahun, jumlah kandungan kalsium dalam tubuh akan menyusut sebanyak 30%. Kehilangan akan mencapai 50% ketika mencapai umur 70 tahun dan seterusnya mengalami masalah kekurangan kalsium.

Kira-kira 99% kalsium terdapat di dalam jaringan keras yaitu pada tulang dan gigi. 1% kalsium terdapat pada darah, dan jaringan lunak. Tanpa kalsium yang 1% ini, otot akan mengalami gangguan kontraksi, darah akan sulit membeku, transmisi saraf terganggu, dan sebagainya.

Untuk memenuhi 1% kebutuhan ini, tubuh mengambilnya dari makanan yang dimakan atau dari tulang. Apabila makanan yang dimakan tidak dapat memenuhi kebutuhan, maka tubuh akan mengambilnya dari tulang. Sehingga tulang dapat dikatakan sebagai cadangan kalsium tubuh. Jika hal ini terjadi dalam waktu yang lama, maka tulang akan mengalami pengeroposan tulang.

Bahaya pengeroposan tulang atau osteoporosis inilah yang menghantui setiap orang. Untuk mengatasi hal tersebut banyak dari kita yang mengkonsumsi susu berkalsium tinggi. Memang ada baiknya mengkonsumsi susu ini, namun jangan salah, terlalu banyak kalsium dalam tubuh justru tidak baik. Karena bisa menyebabkan pengapuran dalam tulang. Efeknya? Sendi menjadi ngilu-ngilu.

Dari hasil penelitian yang dipublikasikan International Journal of Cancer mengungkapkan bahaya mengasup mineral utama pembentuk tulang secara berlebihan ternyata bisa menjadi salah satu indikasi penyebab kanker prostat. Peneliti dari Lembaga Kanker Nasional di Rockville, Maryland, Dr Panagiota N Notrou beserta koleganya menemukan bahwa risiko terkena kanker prostat meningkat seiring meningkatnya konsumsi asupan makanan produk olahan hewan, seperti susu, keju telur, ataupun mentega yang mengandung kalsium tinggi.

Setelah melakukan penyesuaian data terhadap sejumlah variabel penting, maka ditemukan risiko kanker prostat mencapai 63% lebih besar bagi mereka yang mengonsumsi lebih dari 2.000 mg kalsium dibandingkan pria-pria yang menerima asupan kalsium kurang dari 1.000 mg tiap harinya. Karena itu,terlihat perbedaan statistik yang mencolok.

Kelebihan kalsium yang terdapat dalam tubuh akan dibuang melalui urine. Namun, bisa jadi kelebihan yang tidak bisa dibuang akan menjadi batu. Dan hal inilah yang menyebabkan gangguan kesehatan dalam tubuh.

Untuk itu mulai sekarang bijaklah untuk mengkonsumsi segala jenisa minuman atau bahan manakan yang mengandung kalsium tinggi. Apalagi jika anda mengkonsumsi setiap hari. Ada baiknya konsultasikan dengan dokter, jika anda mengalami permasalahan dengan tulang anda. (gal/bbs/kos)

 
Komentar Anda
ADVERTISEMENT
Koskosanku.com

Artikel Lainnya