Cegah Munculnya Uban

Uban bikin muka kita jadi terlihat lebih tua. Kenali cara mencegah uban plus resep alami mengusirnya.

Tak ada seorangpun yang menginginkan munculnya uban diantara helaian rambut indahnya. Uban sering dikaitkan dengan usia tua, Tapi faktanya 43 persen perempuan Indonesia memilih mewarnai rambutnya untuk menutupi uban. Hal ini menunjukkan sebagian besar wanita enggan berserah diri pada usia dan selalu ingin tampil muda.

Namun kini, uban tidak selalu datang ketika usia mulia beranjak tua. Karena tak seorang pun yang bisa memprediksi munculnya uban. Tidak juga ahli medis. Setiap manusia punya moment berbeda kapan tepatnya ia akan beruban. Rata-rata, manusia normal mulai beruban saat berusia 40 tahun atau lebih. sekarang ini mulai banyak perempuan yang sudah beruban meski usia masih di awal 30-an.

Tidak mungkin dicegah, tapi bisa diperlambat. Asal Anda menyuplai tonikum, moisturizing serum dan ektra nutrisi secara intensif pada akar dan batang rambut. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 juga mampu menghambat pertumbuhan uban.

Penyebab Ubanan

Sementara itu, Diana Bihova MD dari New York University Medical Center mengatakan, stres yang berlebihan bisa menguras cadangan vitamin B12. Terkurasnya vitamin ini mempercepat tumbuhnya rambut putih.

Keadaan gizi yang buruk karena asupan makanan yang kurang seimbang juga memengaruhi kesehatan rambut. Gizi yang buruk tidak hanya menimbulkan uban, juga mengganggu kondisi kesehatan rambut secara umum. Itu sebabnya anakanak yang mengalami gangguan gizi berat, rambutnya tampak kemerahan, dan tidak sehat.

Sebenarnya tidak hanaya masalah gizi dan vitamin yang mempercepat munculnya uban di mahkota Anda, ada juga beberapa faktor lain yang memeperngaruhi. Di antaranya:

  • Faktor genetik (keturunan)

    Biasanya bila orang tuanya beruban dini, kelak anak-anaknya pun akan mengalami hal yang sama. Dalam ilmu genetika, hal ini disebut dengan autosomal dominan.

  • Stres

    Stres berlebihan bisa menguras cadangan vitamin B12 dari badan. Kekurangan vitamin ini mempercepat tumbuhnya rambut putih. Tapi hal ini bersifat sementara. Bila tubuh sudah tidak mengalami stres, produksi pigmen pun kembali lancar dan rambut kembali hitam.

  • Zat pengawet

    Makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, gula sintetis, dan bahan kimia lainnya, juga mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan rambut

  • Zat kimia

    Penggunaan sampo, minyak rambut, cat rambut yang kandungan zat kimianya tinggi, sangat mempengaruhi kesehatan rambut. Minyak dan cat rambut meresap kedalam pori-pori kulit kepala, sehingga mempengaruhi produksi pigmen.

  • Merokok

    Merokok menghambat aliran zat-zat gizi yang dibutuhkan tubuh dan dibawa dalam peredaran darah.

  • Sakit keras

    Sakit keras bisa memperlambat produksi melanin sehingga muncul uban. Bila kondisi membaik, rambut hitam tumbuh kembali

Uban Jangan Datang Dulu!

Kalau memang karena beberapa kondisi diatas menyebabkan Anda beruban, jangan keburu panik. Karena ada cara mudah mengatasinya. Seperti:

  • Memperbaiki nutrisi tubuh dengan memperhatikan asupan makanan, mengkonsumsi cukup zat besi dan vitamin B

  • Hindari mewarnai rambut berkali-kali karena membuat pigmen rambut mati. Jika harus juga mewarnai rambut, pilih yang alami seperti daun pacar untuk warna merah, bayam untuk hijau, dll.

  • Memberi nutrisi yang cukup pada rambut. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut lebih bersinar. Vitamin A banyak terdapat dalam sayuran hijau, dan buah-buahan berwarna merah dan kuning.

  • Mineral yang esensial bagi rambut adalah zinc, zat besi, dan copper. Banyak terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian, dan makanan laut (sea food).

  • Protein, terutama nabati amat penting untuk menjaga tekstur rambut dan membuatnya tetap bersinar. Banyak terdapat dalam biji-bijian, terutama kedelai.

Buat Sendiri Ramuan Pengusir Uban

Ada beberapa resep alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah, supaya uban Anda mampu berkurang, bahkan bisa mencegah munculnya, resep tersebut di antaranya:

  • Usapkan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis pada rambut dan remas-remas dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas. Banyak wanita yang melakukan hal ini setiap hari, rambutnya bisa tetap hitam sampai usia 60-an.

  • Ambil secangkir teh yang pekat dan tambahkan satu sendok makan garam. Setelah dingin, tuangkan rata ke rambut dan pijat-pijat kulit kepala. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan air dingin tanpa sampo.

Selamat mencoba. (gal/bbs/kos)

 
 
Komentar Anda
ADVERTISEMENT

Artikel Lainnya